Tips Fotografi Pemula

Halo, semuanya!

Apa kabar kalian? Semoga baik-baik saja, ya..

Siapa nih yang di sini bercita-cita ingin jadi fotografer? Jika kalian memiliki cita-cita ingin jadi fotografer, maka kalian datang di artikel yang tepat.

Belajar fotografi harusnya menyenangkan, sayangnya, kebanyakan orang terlalu terburu-buru untuk mendalaminya sehingga menciptakan kebingungan ketika mendengar saran dari teman dan frustasi saat baru belajar mengambil gambar menggunakan kamera digital.

Nah, pada artikel kali ini mimin akan memberikan tips fotografi untuk pemula yang dimana pada akhir artikel ini kalian akan siap untuk mengambil langkah berikutnya dalam fotografi. Namun, mimin tekankan, menjadi fotografer profesional tidaklah mudah, dan pasti harus melewati banyak tantangan.

Oke langsung saja, berikut tips-tips yang sudah mimin rangkum dari beberapa sumber :
[lock]

1. Memahami kamera yang kalian miliki

Kenali fungsi tombol yang ada di kamera DSLR lewat manual book yang tersedia saat pertama kali membeli kamera. Ada baiknya kalian simpan dengan baik buku panduan tersebut.

Selain sebagai sarana belajar, juga turut mempengaruhi nilai jual kembali kamera tersebut apabila suatu saat ingin dijual.

2. Memahami komposisi gambar

Fotografi adalah seni, oleh karena itu rasakan keseimbangan foto yang kalian ambil. Apabila merasa ganjil berarti foto tersebut kurang bagus.

Mulai dari tata letak objek, komposisi warna, dan persentasi ruang terbuka (untuk foto landscape).


Baca Juga : 5 Angle Utama Pengambilan Gambar


3. Mengenal berbagai genre fotografi

Layaknya seni musik, fotografi juga memiliki berbagai macam aliran (genre).

Dalam dunia fotografi, kalian harus mengeksplor aliran fotografi yang kalian minati. Tentu melalui eksplorasi kalian nantinya akan mendapatkan ciri khas.

4. Bawa kamera kemanapun kalian pergi

Cara paling cepat meningkatkan kemampuan fotografi kalian adalah dengan memperbanyak jam terbang. Dengan membawa kamera kemana saja, maka kalian tidak akan melewatkan momen-momen unik yang setiap saat bisa saja terjadi.

5. Potret objek dalam jarak dekat

Ketika melakukan pemotretan sebuah objek, usahakan objek tersebut terlihat jelas, kalau perlu sampai terlihat raut mukanya (apabila objek berupa manusia).

Seperti kata fotografer terkenal, Robert Capa, dia mengatakan "Jika foto kalian tidak cukup baik, berarti kalian tidak cukup dekat membidiknya."

Ia juga menjelaskan, apabila kalian memotret sebuah objek dan terlihat tidak jelas, maka majulah satu langkah. Apabila masih belum jelas lagi, maju satu langkah lagi.

6. Peka terhadap pencahayaan

Sebelum memotret sebuah objek, amati pencahayaan, dari mana cahaya datang dan apakah cahaya tersebut menghasilkan bayangan yang menarik.

Cahaya yang dimaksud bisa berasal dari cahaya matahari atau lampu.

Jika kalian sudah peka terhadap pencahayaan, maka kalian akan bisa mendapat hasil potretan yang baik.


Baca Juga : Pengertian Aperture dan Fungsinya


7. Meminta izin

Yang paling penting sebelum melakukan pemotretan adalah meminta izin kepada yang ingin dipotret.

Terutama jika kalian melakukan pemotretan di negara yang berbeda bahasa dan budayanya, ini menunjukkan sikap menghormati kepada mereka.
[/lock]

Oke, kira-kira itulah tips fotografi pemula. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! :D
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Tips Fotografi Pemula
Tips Fotografi Pemula
Belajar fotografi harusnya menyenangkan, sayangnya, kebanyakan orang terlalu terburu-buru untuk mendalaminya sehingga menciptakan kebingungan ketika mendengar saran dari teman dan frustasi saat baru belajar mengambil gambar menggunakan kamera digital.
https://3.bp.blogspot.com/-nApZRbvfC3I/XIeQJFLK7ZI/AAAAAAAACVY/KaK9d5C5oAgkHAbQaHUu67CoWdi6AHIvgCLcBGAs/s320/Tips-Fotografi-Pemula.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-nApZRbvfC3I/XIeQJFLK7ZI/AAAAAAAACVY/KaK9d5C5oAgkHAbQaHUu67CoWdi6AHIvgCLcBGAs/s72-c/Tips-Fotografi-Pemula.jpg
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2019/03/tips-fotografi-pemula.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2019/03/tips-fotografi-pemula.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy