Cara Menghilangkan Background Foto dengan Pen Tool di Photoshop

Halo, semuanya!

Apa kabar kalian? Semoga baik-baik saja, ya..

Pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan sedikit tutorial mengenai "Cara Menghilangkan Background Foto dengan Pen Tool di Photoshop".

Ngomong-ngomong, di tutorial ini mimin menggunakan Photoshop versi CS 6, apabila kalian menggunakan versi yang berbeda maka tidak apa-apa karena Pen Tool ini ada di semua versi.

Oke, langsung saja tanpa banyak basa-basi kita mulai tutorialnya.

1. Siapkan dan masukkan foto pada Photoshop

Langkah pertama ialah siapkan foto yang ingin diedit, kemudian masukkan foto ke dalam Photoshop menggunakan fitur Open, caranya ialah klik menu File > Open atau kalian bisa langsung tekan tombol CTRL + O di keyboard.

Kalau sudah, nanti tampilannya kira-kira akan seperti gambar di bawah ini.

2. Memulai proses seleksi foto menggunakan Pen Tool

Langkah selanjutnya ialah kita mulai proses seleksi foto menggunakan Pen Tool (shortcut tombol P atau kalian bisa klik ikon Pen Tool Icon).

Mulai seleksi foto dengan cara klik kiri pada titik start (awal) dimana saja terserah kalian, kemudian klik kiri di titik berhenti yang nantinya akan otomatis membuat garis antara titik start dan titik berhenti. (lihat gambar)
Titik START
Titik BERHENTI dan garis yang otomatis muncul

3. Cara menyeleksi bagian melengkung dengan Pen Tool

Inilah kelebihan Pen Tool dibanding Polygonal Lasso Tool, kita bisa menyeleksi bagian foto yang melengkung-lengkung dengan sangat rapih.


Baca Juga : Cara Membuat Polaroid Menggunakan Photoshop


Caranya hampir sama seperti tadi, kalian tentukan titik start dan titik berhentinya, akan tetapi titik berhenti langsung di bagian ujung lengkungan foto. Kalau kalian bingung bisa langsung lihat gambar di bawah ini.
Klik di tengah-tengah garis yang muncul, kemudian tekan tombol CTRL + Klik kiri + Geser Mouse (drag and drop) ke bagian gambar yang melengkung, lepaskan klik kiri, lalu lepaskan CTRL. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga semua bagian foto selesai terseleksi seperti gambar di bawah ini.
Kemudian kita akan melakukan seleksi lagi untuk menghilangkan background, caranya ialah pencet tombol CTRL + J untuk menduplikat bagian yang sudah kita seleksi sebelumya ke layer baru. Hasilnya akan seperti ini.
Klik ikon mata pada Layer 0 untuk meng-hide layer tersebut (lihat gambar).
Maka hasilnya akan seperti ini.
Jika sudah, kalian bisa menyimpan hasil editan kalian dengan cara klik menu File > Save as atau langsung tekan tombol CTRL + SHIFT + S, kemudian pilih format .PNG.

Nanti hasilnya kira-kira seperti ini.

Oke, mimin rasa cukup tutorial kali ini.

Selamat mencoba, semoga berhasil, terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! :D


Baca Juga : Cara Mengganti Tombol Shortcut Keyboard di Photoshop
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Cara Menghilangkan Background Foto dengan Pen Tool di Photoshop
Cara Menghilangkan Background Foto dengan Pen Tool di Photoshop
Pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan sedikit tutorial mengenai "Cara Menghilangkan Background Foto dengan Pen Tool di Photoshop".
https://3.bp.blogspot.com/-X8GxnYM4-Qo/XIdh-XdicPI/AAAAAAAACTg/ELKZBeuuj7EmmOxUWJYhYA0Jl4sOsiAcQCLcBGAs/s320/Menghilangkan%2BBackground%2BFoto%2Bdengan%2BPen%2BTool%2Bdi%2BPhotoshop%2B9.png
https://3.bp.blogspot.com/-X8GxnYM4-Qo/XIdh-XdicPI/AAAAAAAACTg/ELKZBeuuj7EmmOxUWJYhYA0Jl4sOsiAcQCLcBGAs/s72-c/Menghilangkan%2BBackground%2BFoto%2Bdengan%2BPen%2BTool%2Bdi%2BPhotoshop%2B9.png
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2019/03/cara-menghilangkan-background-foto.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2019/03/cara-menghilangkan-background-foto.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy