Cara Melindungi Komputer dari Bahaya Ransomware


Ransomware adalah tipe malware yang digunakan oleh para hacker dan penjahat dunia maya untuk 'memeras' uang dari kalian. Banyak varian dari Ransomware, contohnya seperti CryptoLocker, CryptoWall, TeslaWall, dsb. Fungsi mereka sama yaitu 'menyandera' file-file yang ada di komputer kalian supaya tidak bisa dibuka.

Sekarang ini Ransomware bukan hanya dibuat oleh anak-anak remaja iseng yang fungsinya untuk mengerjai temannya lagi, akan tetapi sudah melebar sampai digunakan oleh para organisasi hitam untuk mencari uang dengan cara 'memeras' korbannya.

Bagaimana Ransomware Bekerja

Tidak semua Ransomware itu sama. Hal yang membedakan 'seni' dari virus Ransomware itu adalah bagaimana cara mereka 'memeras' uang dari para korbannya.

Beberapa Ransomware mungkin tersembunyi. Biasanya mereka beralih fungsi menjadi software untuk menakut-nakuti korbannya dengan cara menampilkan pop-up bernada ancaman seperti "Your computer is infected, purchase this product to fix the infection (Komputer Anda dalam bahaya, harap beli produk ini untuk menghilangkan infeksi pada komputer Anda)" atau "Your computer has been used to download illegal files, pay a fine to continue using your computer (Komputer Anda telah digunakan untuk mendownload file ilegal, harap lakukan pembayaran untuk melanjutkan pemakaian komputer Anda)".

Ransomware bisa saja masuk ke sistem komputer kalian yang paling dalam dan menampilkan pesan pop-up seperti contoh tadi, tapi pesan tersebut tidak akan hilang sampai kalian melakukan pembayaran kepada si pembuat virus Ransomware tersebut. Kejadian itu bisa diatasi dengan menggunakan software "malware removal tools" atau melakukan install ulang pada komputer kalian.

Akan tetapi, dari waktu ke waktu virus Ransomware jadi semakin canggih dan kuat. Salah satu virus yang sudah diketahui adalah CryptoLocker, dia akan menginfeksi file-file yang ada di komputer kalian dan menguncinya sehingga kalian tidak bisa membuka file-file tersebut. CryptoLocker akan menampilkan pesan untuk segera melakukan pembayaran sebesar $300 kepada si pembuat virus Ransomware.

Namun, hal yang paling nyesek ialah ketika kalian sudah melakukan pembayaran kepada mereka (si pembuat virus Ransomware) belum tentu mereka akan mau mengembalikan file-file yang sudah dikunci tadi, maka dari itu sangat beresiko juga membayar kepada mereka langsung tanpa mencoba menghilangkan virus tersebut terlebih dahulu.

Cara Mengamankan File-File Penting dari Ransomware

Adanya malware tipe ini (CryptoLocker) adalah pelajaran untuk kita semua bahwa kita harus rutin melakukan backup atas file-file penting ke harddisk eksternal atau ke penyimpanan cloud yang aman; seperti Google Drive, Dropbox, dll. Karena jika semua file penting hanya kalian simpan di komputer maka jika komputer tersebut terinfeksi Ransomware maka mereka bisa mengunci atau bahkan sampai menghapus file-file penting kalian.

Backup secara rutin data dan file penting kalian. Tentu kalian tidak mau kehilangan file pekerjaan kalian seminggu ini karena kalian melakukan backup seminggu sekali, kan? Karena itulah fitur backup otomatis juga diperlukan sebagai solusi atas masalah ini.

Jika file penting kalian sudah terlanjur dikunci oleh Ransomware dan kalian tidak memiliki backupnya, kalian bisa mencoba mengembalikan file tersebut menggunakan software bernama ShadowExplorer. Software ini akan mengakses "Shadow Copies" yang dimana digunakan oleh fitur System Restore oleh Windows.

Cara Mencegah Ransomware

Diketahui, CryptoLocker biasanya disisipkan melalui lampiran E-Mail, melalui plug-in Java, yang kemudian akan diinstall pada komputer kalian. Maka dari itu, selain rutin melakukan backup, ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mencegah Ransomware.
  • Gunakan Antivirus yang terbukti ampuh untuk mencegah 'pergerakan' Ransomware. Meskipun semua Antivirus tidak sempurna, akan tetapi kita juga jangan serta-merta tidak menggunakan Antivirus sama sekali. Paling tidak Antivirus berguna sebagai lapisan pertama perlindungan pada komputer kita.
  • Jangan jalankan program yang mencurigakan. Ransomware bisa menyusup ke komputer melalui file .exe yang dilampirkan di E-Mail, program bajakan, dsb. Harap selalu waspada dengan file/program yang akan kalian jalankan.
  • Selalu update program/software kalian. Menggunakan versi browser, sistem operasi, atau plugin browser yang sudah kadaluarsa bisa 'mempersilahkan' malware untuk masuk ke komputer kalian. Jika di komputer kalian sudah terinstall Java, kalian harus segera menguninstallnya.

Ransomware (khususnya CryptoLocker dan sebangsanya) sangatlah 'brutal' dan canggih. Mereka hanya ingin 'memeras' uang dari kalian dengan cara menangguhkan (mengunci) file-file penting supaya kalian membayar sejumlah uang ke mereka (para pembuat Ransomware).

Rutin melakukan backup dan jangan ceroboh ketika berinternet adalah salah satu cara untuk mencegah kehilangan data/file penting akibat komputer yang terinfeksi Ransomware. Dan mungkin, suatu saat pada masa yang akan datang Ransomware akan semakin berkembang dan semakin canggih, jadi tetaplah waspada.
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Cara Melindungi Komputer dari Bahaya Ransomware
Cara Melindungi Komputer dari Bahaya Ransomware
Ransomware (khususnya CryptoLocker dan sebangsanya) sangatlah 'brutal' dan canggih. Mereka hanya ingin 'memeras' uang dari kalian dengan cara menangguhkan (mengunci) file-file penting supaya kalian membayar sejumlah uang ke mereka (para pembuat Ransomware).
https://1.bp.blogspot.com/-MyB3qM9s8VI/XQQ1Ky1vetI/AAAAAAAACaA/HhDziGOt9Pgd0bdlAaQB6lBLlkQ32Oz2ACLcBGAs/s320/ransomware.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MyB3qM9s8VI/XQQ1Ky1vetI/AAAAAAAACaA/HhDziGOt9Pgd0bdlAaQB6lBLlkQ32Oz2ACLcBGAs/s72-c/ransomware.jpg
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2019/06/cara-melindungi-komputer-dari-bahaya-ransomware.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2019/06/cara-melindungi-komputer-dari-bahaya-ransomware.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy