Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10

Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10
Windows 10 Creator Update menghilangkan "Open Command Prompt Here" dan menggantinya dengan "Open PowerShell window here". Kenapa begitu? Microsoft ingin memberikan pengalaman command line yang terbaik untuk semua penggunanya, itulah mengapa dia membuat PowerShell sebagai command line utamanya.

Kalian juga mungkin sudah tahu sejak preview build 14971, "Command Prompt" dan "Command Prompt (Admin)" entri (menu tersebut akan muncul ketika kita menekan tombol CTRL+X) sudah digantikan dengan PowerShell.

Berdasarkan pernyataan Microsoft :
  • [message]
    • Microsoft :
      • Itu (PowerShell) menggantikan menu Command Prompt (aka, "cmd.exe") ketika pengguna menekan tombol CTRL+X yang ada di File Explorer, menu tersebut akan muncul ketika pengguna menekan tombol SHIFT + Klik Kanan (pada mouse) di tempat yang kosong di File Explorer. Mengetik "cmd" (atau "powershell") di address bar File Explorer akan tetap menjadi cara paling cepat untuk menampilkan command line pada direktori tersebut. Bagi siapapun yang lebih suka menggunakan Command Prompt, kalian bisa mengubahnya dengan cara menekan tombol Windows + X > pilih Settings > Personalization > Taskbar, dan mengubah "Replace Command Prompt Windows PowerShell in the menu when I right-click the Start button or press Windows key+X" menjadi "Off".

Untuk info lebih lanjut, kalian bisa melihat artikel pengumuman Preview Build 14971.

Meskipun kalian bisa menjalankan Command Prompt lawas, kalian tetap harus menuliskan ekstensi ".exe" ketika ingin menjalankan beberapa perintah. Sebagai contoh, ketika kalian menjalankan perintah "SC" di command line PowerShell, Windows akan memberikan hasil yang berbeda dari ketika kalian menjalankannya pada command line Command Prompt lawas.

"SC" adalah alias dari "Set-Content" PowerShell cmdlet. Jadi, ketika kalian ingin me-manage service menggunakan SC (SC.EXE) command line di PowerShell, kalian harus menuliskan ekstensinya (.EXE). Sedangkan, pada Command Prompt lawas, SC tidak akan terbaca kecuali SC.EXE (asumsikan tidak ada file dengan nama yang sama pada direktori tersebut).

Menambahkan Command Prompt pada menu

Jika kalian sangat cinta pada Command Prompt lawas, kalian bisa menampilkan menu "Open Command window here" kembali dengan mengedit Registry.

Salin barisan kode yang ada di bawah ke Notepad, dan simpan dengan ekstensi .REG, contoh cmdhere.reg. Klik 2x (dua kali) pada file tersebut untuk meng-apply pengaturan registry.

[Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmdprompt]
@="@shell32.dll,-8506"
"NoWorkingDirectory"=""

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmdprompt\command]
@="cmd.exe /s /k pushd \"%V\""

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\cmdprompt]
@="@shell32.dll,-8506"
"NoWorkingDirectory"=""

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell\cmdprompt\command]
@="cmd.exe /s /k pushd \"%V\""

[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\cmdprompt]
@="@shell32.dll,-8506"
"NoWorkingDirectory"=""

[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\cmdprompt\command]
@="cmd.exe /s /k pushd \"%V\""]

Atau, kalian bisa mendownload file .REG menggunakan link di bawah.


Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10

Itu akan mengembalikan menu "Open command window here" ketika kalian menekan tombol SHIFT+Klik kanan pada suatu tempat yang kosong dalam folder di File Explorer, kemudian Command Prompt akan muncul sesuai path direktori yang sedang kalian buka.
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10
Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10
Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10
https://1.bp.blogspot.com/-8uxjLPFlX8I/XHUxcD9GV9I/AAAAAAAACMo/64AiEztFqR0DnicvtEsqzAXkqYwwlNBdACLcBGAs/w320-h199/Cara%2BMenampilkan%2BOpen%2BCommand%2BWindow%2BHere%2Bdi%2BWindows%2B10.png
https://1.bp.blogspot.com/-8uxjLPFlX8I/XHUxcD9GV9I/AAAAAAAACMo/64AiEztFqR0DnicvtEsqzAXkqYwwlNBdACLcBGAs/s72-w320-c-h199/Cara%2BMenampilkan%2BOpen%2BCommand%2BWindow%2BHere%2Bdi%2BWindows%2B10.png
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2019/02/cara-menampilkan-open-command-window.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2019/02/cara-menampilkan-open-command-window.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy