Pengertian Aperture dan Fungsinya


Aperture adalah lubang pada bidang diafragma tempat berlalunya sinar luminasi.

Biasanya, nilai aperture ditandai dengan "F/angka", misalnya F/22, F/11, atau pada smartphone biasanya terdapat di angka F/2.6 hingga F/1.8.

Sekarang pertanyaan adalah, apa arti huruf F/ beserta angka di belakangnya itu?

Angka di belakang huruf F/ tersebut adalah nilai dari bukaan lensa atau diafragma pada lensa, yang mana semakin besar angka di belakang F/ maka bukaan lensa akan semakin kecil dan begitu pula sebaliknya.

Bingung, ya? Hahaha..

Okee, tenang, akan mimin jelaskan lebih rinci di tulisan di bawah, jangan buru-buru ingin menutup halaman ini dong, ah.. Lama-lamain di sini, ntar mimin ga dapet adsense lagi :D *becanda, tapi beneran*

Jadi gini, besaran bukaan diafragma/aperture merupakan hasil pembagian dari panjang fokus lensa dengan nilai aperture itu sendiri.

Contoh :
Jika focal length pada lensa adalah 100mm dan nilai aperture adalah F/4, maka aperture akan terbuka dengan diameter 25mm (100 dibagi 4).

Itulah mengapa jika semakin kecil angka di belakang F/, bukaan lensa semakin besar. Dan sebaliknya, semakin besar angka di belakang F/, bukaan lensa semakin kecil.


Baca Juga : Tips Fotografi Pemula


Sampai sini paham?

Oke, lanjut..

Bukaan lensa yang besar akan membuat lensa menangkap banyak cahaya sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih terang, dengan catatan settingan ISO dan shutter speed sama.

Contoh :
  • F/22, ISO 100, shutter speed 1/2 detik hasilnya gelap
  • F/11, ISO 100, shutter speed 1/2 detik hasilnya lebih terang
  • F/2.0, ISO 100, shutter speed 1/2 detik hasilnya paling terang
Jadi, apakah itu artinya lensa dengan bukaan kecil berarti memiliki kualitas jelek? Belum tentu, semuanya tergantung pada kebutuhan dalam mengambil foto.

Settingan aperture yang besar dengan keadaan pencahayaan yang terlalu cerah akan menyebabkan gambar terlihat terlalu terang.

Dari pernyataan mimin sebelumnya, itu menggambarkan bahwa lensa dengan bukaan besar bukan berarti akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Apalagi dengan adanya varian atau settingan aperture yang tadi mimin contohkan, akan memungkinkan kita untuk bisa bereksperimen dengan kamera dan menghasilkan gambar yang lebih kreatif.




Sudah paham, kan? Kalau belum, kalian bisa ulangi baca lagi dari awal hehe.. :D

Oke, mimin rasa sekian artikel untuk hari ini mengenai Pengertian Aperture dan Fungsinya, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa mampir juga ke artikel-artikel mimin yang lain, ya! :D

Sampai jumpa di artikel selanjunya!
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Pengertian Aperture dan Fungsinya
Pengertian Aperture dan Fungsinya
Aperture adalah lubang pada bidang diafragma tempat berlalunya sinar luminasi. Biasanya, nilai aperture ditandai dengan "F/angka", misalnya F/22, F/11, atau pada smartphone biasanya terdapat di angka F/2.6 hingga F/1.8.
https://3.bp.blogspot.com/-6rRWOkeYd58/XIWobCG8RxI/AAAAAAAACQ0/l-W8AlMqzUY8BjpnKgC1pqOLfbaMs4U6wCLcBGAs/s320/Pengertian-Aperture-dan-Fungsinya.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-6rRWOkeYd58/XIWobCG8RxI/AAAAAAAACQ0/l-W8AlMqzUY8BjpnKgC1pqOLfbaMs4U6wCLcBGAs/s72-c/Pengertian-Aperture-dan-Fungsinya.jpg
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2019/03/pengertian-aperture-dan-fungsinya.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2019/03/pengertian-aperture-dan-fungsinya.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy