rename - Tools CLI untuk Merubah Banyak Nama File Sekaligus di Linux

Kita sering menggunakan perintah "mv" untuk mengubah nama suatu file di Linux. Akan tetapi, bagaimana kalau kita ingin mengubah nama banyak file sekaligus?

Untung saja Linux hadir dengan banyak tools bawaan yang powerful, salah satu diantaranya adalah tools yang bernama rename. Perintah rename biasanya digunakan untuk mengubah nama banyak file sekaligus, atau mengubah nama ke huruf kecil (lowercase), huruf besar (uppercase), dan menimpa file yang sudah ada menggunakan Perl expressions.

Perintah "rename" merupakan bagian dari script Perl dan rata-rata di setiap distribusi Linux berada di bawah direktori "/usr/bin/". Kalian bisa menjalankan perintah "which" untuk menemukan lokasi dimana perintah "rename" berada.

[$ which rename]

Perintah Dasar dari Rename

[rename 's/nama-lama/nama-baru/' file]
Perintah "rename" hadir dengan beberapa argumen opsional untuk mendukung pekerjaannya supaya berjalan dengan baik.

[rename [ -v ] [ -n ] [ -f ] perlexpr [ files ]]
  • [message]
    • ##info-circle## Penjelasan
      • -v : Menampilkan nama-nama file yang berhasil diubah namanya.
        -n : Mengetes apakah perintah yang kita tulis benar atau tidak.
        -f : Memaksa menimpa file apabila ada file yang namanya sama (dalam satu folder).
        perlexpr : Perl Expression.

Untuk memudahkan kalian memahami setiap argumen opsional yang ada di atas, saya sudah menyiapkan beberapa contoh di bawah ini.

1. Contoh Perintah Dasar

Misalkan kalian memiliki banyak file yang berekstensi ".html" dan ingin mengubah ekstensinya menjadi ".php", maka pertama-tama jalankan perintah "ls -l" untuk menampilkan daftar file yang memiliki ekstensi ".html".

[ls -la]

Sekarang, kalian ingin mengubah ekstensi dari file-file tersebut yang awalnya ".html" menjadi ".php", maka kalian bisa menggunakan perintah "rename" dengan perl expression seperti yang tertulis di bawah.

[rename 's/\.html$/\.php/' *.html]
  • [message]
    • ##info-circle## Catatan
      • Pada perintah di atas, kita menggunakan 2 argumen :
        1. Argumen pertama merupakan perl expression untuk mengubah .html menjadi .php
        2. Argumen kedua memberi tahu perintah "rename" untuk mengubah semua ekstensi file dengan *.php
Mari kita lihat apakah semua ekstensi file sudah berhasil diubah menjadi ".php" dengan cara menjalankan perintah "ls -l" lagi.

[ls -l]

Sekarang kalian bisa melihat bahwa semua file sudah berhasil diubah ekstensinya dari .html ke .php.

2. Mengetes Apakah Perintah yang Kita Tulis Benar atau Tidak

Ketika kita ingin melakukan pengecekan apakah perintah yang kita tulis benar atau tidak, kita bisa menggunakan argumen "-n".

[rename -n 's/\.php$/\.html/' *.php]

  • [message]
    • ##info-circle## Catatan
      • Perintah di atas hanya menampilkan file-file yang akan diubah ekstensi atau namanya, namun tidak akan terjadi perubahan kecuali kalian menghilangkan argumen "-n"

3. Menampilkan Daftar File yang Berhasil Diubah Namanya

Kita lihat setelah menjalankan perintah "rename" dia tidak menampilkan apa-apa. Maka apabila kita ingin menampilkan daftar file yang berhasil kita ubah namanya (seperti saat kita menggunakan argumen "-n"), maka kita harus menggunakan argumen "-v" (verbose).

[rename -v 's/\.php$/\.html/' *.php]

4. Mengubah Nama dari Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar atau Sebaliknya

Apabila kita ingin mengubah nama banyak file dari huruf kecil ke huruf besar atau sebaliknya, maka kita bisa menggunakan perintah di bawah ini.

Huruf Kecil ke Huruf Besar

[rename 'y/a-z/A-Z/' *.html]

Setelah kalian menjalankan perintah di atas, silakan cek menggunakan perintah "ls -l" lagi.

[ls -l]

Kalian bisa lihat bahwa perintah di atas benar-benar mengubah nama dari huruf kecil ke huruf besar (beserta ekstensi .HTML).

Huruf Besar ke Huruf Kecil

Hampir sama seperti sebelumnya, apabila kalian ingin mengubah nama file dari huruf besar ke huruf kecil cukup menjalankan perintah di bawah ini.

[rename 'y/A-Z/a-z/' *.html]

5. Mengubah Huruf Pertama Menjadi Kapital

Untuk mengubah huruf pertama dari tiap file menjadi huruf kapital, cukup menggunakan perintah di bawah.

[rename 's/\b(\w)/\U$1/g' *.ext]

6. Menimpa File yang Sudah Ada

Apabila kalian ingin menimpa file yang sudah ada, gunakan argumen "-f" seperti contoh di bawah.

[rename -f 's/a/b/' *.html]

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perintah "rename", cukup ketikkan "man rename" di Terminal.

Perintah "rename" sangat berguna untuk mengubah banyak nama file sekaligus. Semoga semua ilmu yang ada di artikel ini bermanfaat, apabila kalian memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah.

Terima kasih sudah membaca :)
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: rename - Tools CLI untuk Merubah Banyak Nama File Sekaligus di Linux
rename - Tools CLI untuk Merubah Banyak Nama File Sekaligus di Linux
Cara Merubah Nama atau Ekstensi Banyak File Sekaligus di Linux oleh BEE ID.
https://1.bp.blogspot.com/-eBYrcGOKz2I/XE8Pn77xTJI/AAAAAAAACCk/AJwNtOBYF7ssW77BKKYZfGjhrK51oVyigCLcBGAs/s320/Cara-Merubah-Banyak-Nama-File-Sekaligus-di-Linux.png
https://1.bp.blogspot.com/-eBYrcGOKz2I/XE8Pn77xTJI/AAAAAAAACCk/AJwNtOBYF7ssW77BKKYZfGjhrK51oVyigCLcBGAs/s72-c/Cara-Merubah-Banyak-Nama-File-Sekaligus-di-Linux.png
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2019/01/rename-tools-cli-untuk-merubah-banyak.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2019/01/rename-tools-cli-untuk-merubah-banyak.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy