Install Multi-Versi PHP Hanya dengan Satu XAMPP di Windows


Assalamu'alaikum,

Apa kabar kalian? Semoga baik-baik saja, ya.. Aamiin.

Pada kesempatan kali ini mimin mau ngasih tutorial yaitu cara Install Multi-Versi PHP Hanya dengan Satu XAMPP di Windows.

Sebelumnya mimin mau cerita sedikit latar belakang kenapa mimin bikin tutorial ini. Jadi kapan hari mimin menginstall XAMPP dengan PHP versi 7.2, kemudian mimin dapat project yang diharuskan menggunakan PHP versi 5 soalnya kalau pakai PHP versi 7 kodingannya banyak errornya dan tidak memungkinkan untuk mengganti satu-persatu kodingan tersebut (dikarenakan terlalu banyak kode dan deadline yang mepet) akhirnya mimin harus 'ngalah' dengan mengganti versi PHP mengikuti source code tersebut. Namun, di sisi lain mimin juga lagi belajar Laravel yang dimana mengharuskan menggunakan PHP versi 7.2 minimal. Galau ngga tuh? Wkw..

Akhirnya setelah browsing kesana-kemari belum nemu jawaban, mimin tanya ke temen sekantor dan alhamdulillah dia tau. Setelah dikasih tau step-by-stepnya, langsung mimin praktekin dan berhasil, (alhamdulillaaah) *batinku wkw

Nah, cara di bawah ini dibagi menjadi 2 (dua) tahap, mimin menyebutnya yaitu tahap Persiapan dan tahap Switching (mengganti, sok Bahasa Inggrisan dikit lah wkw).

Tahap Persiapan

Berikut mimin kasih tau step-by-stepnya Tahap Persiapan, yaitu :
  1. Download dan install XAMPP dengan versi PHP 7 dari web officialnya XAMPP
  2. Download dan ekstrak XAMPP Portable dengan versi PHP 5 dari Sourceforge
  3. Masuk ke folder hasil ekstrakan XAMPP Portable di step kedua
  4. Kemudian masuk lagi ke folder apache\config\extra dan rename file httpd-xampp.conf (contohnya rename menjadi httpd-xampp.conf.52)
  5. Kemudian copy file yang sudah direname tadi dan pastekan ke folder tempat terinstallnya XAMPP di step pertama (mimin menginstallnya di drive F:\xampp, jadi mimin pastenya di folder F:\xampp\apache\conf\extra)
  6. Balik lagi ke folder hasil ekstrakan XAMPP Portable tadi, tapi kali ini yang kita rename adalah folder php-nya (contoh di sini mimin rename jadi php56)
  7. Copy folder yang sudah direname tadi kemudian pastekan ke folder tempat kalian menginstall XAMPP yang ada di step pertama (di sini mimin menginstallnya di drive F:\xampp jadi mimin pastekan ke situ)
Setelah itu kita sudah masuk ke tahap kedua, yaitu Tahap Switching, berikut step-by-stepnya :

Cara Pindah Versi PHP dari 7 ke 5

  1. Matikan seluruh proses XAMPP (jika masih ada)
  2. Masuk ke folder tempat terinstallnya XAMPP kalian kemudian masuk ke folder apache\conf\extra (di sini mimin installnya di folder F:\xampp\apache\conf\extra)
  3. Rename file httpd-xampp.conf menjadi httpd-xampp.conf.72 (untuk pengingat saja kalau ini adalah file konfigurasi XAMPP untuk PHP 7.2)
  4. Masih di folder yang sama, rename file httpd-xampp.conf.56 menjadi httpd-xampp.conf
  5. Keluar dari folder tadi, sekarang menuju folder F:\xampp (tergantung kalian install XAMPP di mana, ya)
  6. Rename folder php menjadi php72 (sekali lagi, untuk pengingat saja kalau ini adalah folder php untuk XAMPP dengan PHP 7.2)
  7. Masih di folder yang sama, rename folder php56 menjadi php
  8. Buka XAMPP Control Panel kemudian klik tombol Shell yang ada di sebelah kanan
  9. Ketikkan "php -v" (tanpa tanda petik) dan lihat hasilnya kita berhasil menjalankan XAMPP dengan PHP versi 5.6 padahal kita sebelumnya menginstall XAMPP dengan PHP 7.2
  10. Selesai
*Catatan :
Untuk mengembalikan versi PHP kalian bisa menggunakan cara di atas. Bisa juga menggunakan cara di atas apabila kalian ingin menggunakan banyak versi PHP (misal sampai 3 versi PHP).

Okee mimin rasa sekian tutorial kali ini, silakan mencoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat! Jangan lupa share ke temen-temen kalian ya :D

Have a good day, people!

Wassalamu'alaikum.
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Install Multi-Versi PHP Hanya dengan Satu XAMPP di Windows
Install Multi-Versi PHP Hanya dengan Satu XAMPP di Windows
Install Multi-Versi PHP Hanya dengan Satu XAMPP di Windows oleh BEE ID
https://4.bp.blogspot.com/-IqBAz2v8LfI/Wz7laBTfGrI/AAAAAAAAB6k/p8pfitVgq3ARZoaUngaIqcGFaN_IGVYOQCLcBGAs/s320/Install-Multi-PHP-Hanya-dengan-Satu-XAMPP-di-Windows.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-IqBAz2v8LfI/Wz7laBTfGrI/AAAAAAAAB6k/p8pfitVgq3ARZoaUngaIqcGFaN_IGVYOQCLcBGAs/s72-c/Install-Multi-PHP-Hanya-dengan-Satu-XAMPP-di-Windows.jpg
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2018/07/install-multi-versi-php-hanya-dengan.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2018/07/install-multi-versi-php-hanya-dengan.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy