Cara Menggunakan Tema Gelap (Dark Theme) di Windows 10


Assalamu'alaikum,

Selamat pagi, apa kabar semua? Semoga kalian tetap baik-baik saja ya, aamiin.

Kalian tau ngga kalau Windows 10 mempunyai pengaturan yang bernama Dark Mode? Yaitu, pengaturan yang berguna untuk menerapkan Dark Theme (tema gelap/malam) ke aplikasi yang kalian dapatkan dari Windows Store. Akan tetapi tema ini tidak bisa diterapkan ke semua aplikasi, atau tool seperti File Explorer, tapi jangan khawatir karena mimin akan memberikan solusi untuk itu.

Buat kalian yang suka bermain laptop di malam hari atau di tempat yang minim cahaya, maka Dark Theme ini akan lumayan membantu kalian supaya cahaya layar laptop kalian tidak terlalu 'nyentrong' sehingga mata kalian akan betah berlama-lama di depan laptop. Akan tetapi, mimin tetap ngga menyarankan kalian main laptop/pc di dalam ruang yang minim cahaya, sayang mata kalian.

Oke langsung saja, gimana sih caranya untuk menerapkan Dark Theme ini?

Aktifkan Dark Mode untuk pengaturan Windows dan aplikasinya

Untuk mengaktifkan Dark Mode, kalian pergi ke Pengaturan (Settings) > Tampilan (Personalization) > Warna (Colors). Scroll ke bawah dan pilih opsi "Dark" di bawah "Choose your app mode".

Maka jendela Pengaturan (Settings) itu sendiri akan berubah jadi gelap dan juga beberapa aplikasi yang kalian download dari Windows Store. Seperti yang sudah mimin bilang sebelumnya, ngga semua aplikasi akan berubah jadi gelap, tergantung pengembang (developer) dari aplikasi tersebut mendukung Dark Mode atau ngga, contohnya seperti File Explorer.


Cara Mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Edge

Browser bawaan Windows yang satu ini juga memiliki Dark Theme. Akan tetapi, untuk beberapa alasan opsi tema gelap ini terpisah dari opsi Dark Mode yang ada di Pengaturan (Settings) tadi.

Untuk mengaktifkan tema gelap di Edge, klik tombol pengaturan (settings) di toolbar (ikonnya berbentuk 3 titik horizontal), dan kemudian pilih opsi "Settings". Klik pada menu dropdown "Choose a Theme", pilih opsi "Dark".


Harap dicatat bahwa title bar, toolbar, dan menu Microsoft Edge akan berubah jadi gelap, akan tetapi halaman web yang ditampilkan tidak akan berpengaruh dan tetap sesuai dengan apa adanya.

Aplikasi seperti Groove Music Player dan pemutar video "Movies & TV" akan berubah jadi gelap karena defaultnya mengikuti pengaturan di sistem, kalian tidak perlu mengubahnya secara manual seperti yang barusan kalian lakukan pada Microsoft Edge.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Microsoft Office

Microsoft Office 2016 juga sudah menyediakan tema gelap, akan tetapi tidak diterapkan secara default, jadi kalian harus menerapkannya secara manual.

Untuk mengaktifkan tema gelap di aplikasi Office seperti MS Word, kalian cukup pergi ke File > Options. Di dalam tab "General", di bawah bagian "Personalize your copy of Microsoft Office" kalian ganti "Office Theme"-nya jadi "Black".


Pengaturan ini akan otomatis mengubah semua tampilan aplikasi Office menjadi gelap, jadi ketika kalian membuka Excel maka dia akan berubah jadi gelap juga.

Install Dark Theme untuk Chrome, Firefox, dan aplikasi lainnya

Beberapa aplikasi Windows memiliki opsi tema dan mesin bertema sendiri. Misalnya, untuk menggunakan tema gelap di Google Chrome, kalian harus membuka situs tema Google Chrome dan memasang tema gelap. Pun nntuk Firefox, kalian harus membuka situs tema Firefox dan memasang tema gelap.

Contohnya, mimin menginstall Morpheon Dark Theme untuk Chrome. Ini membuat Chrome mimin tampil gelap, jadi agak "match" dengan tema desktop mimin.


Mengaktifkan Dark Theme untuk aplikasi desktop Windows

Masalah utama dari pengaturan Dark Mode yang terbaru adalah ia tidak bisa diterapkan di semua aplikasi Windows. Aplikasi seperti File Explorer akan tetap normal, memakai tema yang cerah.

Sebenarnya Windows memiliki tema gelap bawaan untuk aplikasi dekstopnya, akan tetapi itu tidak ideal. Untuk mengaktifkannya, kalian pergi ke Pengaturan (Settings) > Ease of Access > Color & High Contrast. Di sebelah kanan, geser ke bawah bagian "High Contrast" dan atur "Choose a Theme" dropdown ke "High Contrast Black". Klik "Apply" untuk menyimpan pengaturan.


Cara tadi membuat backgroundaplikasi seperti File Explorer menjadi gelap. Akan tetapi, menurut mimin ini jadi keliatan jelek, ya ngga? :(


Seperti kebanyakan bagian dari Windows 10, Dark Mode ini terasa sedikit ngga lengkap. Microsoft dapat menyertakan opsi Dark Theme untuk aplikasi desktop Windows dan antarmuka akan terlihat lebih kohesif. Mungkin Microsoft berencana mengganti File Explorer dengan file manager baru berbasis Platform Windows di pembaruan mendatang untuk Windows 10. Untuk saat ini, ini adalah apa yang kita dapat.

Mungkin sekian dulu tutorial (atau tips) kali ini yang bisa mimin bagikan.

Semoga bermanfaat!

Wassalamu'alaikum.
Nama

Adobe Master Collection CS6,3,Android,13,Artikel Android,3,Artikel Fotografi,3,Blogging,1,CSS,1,Fotografi,3,HTML,1,iPhone,1,Javascript,1,Lainnya,6,LibreOffice,1,Linux,3,Microsoft Office,11,Microsoft Word 2007,3,Microsoft Word 2013,9,Mobile Legends,1,PHP,1,Root,3,Software,2,TechNews,5,Template Website,1,Tips dan Trik,11,Tutorial,6,Tutorial Adobe Flash CS6,1,Tutorial Android,13,Tutorial Blogger,3,Tutorial Debian,1,Tutorial LibreOffice Calc,1,Tutorial Photoshop CS6,4,Tutorial Ubuntu,4,Tutorial Windows,18,Tutorial XAMPP,2,Website,9,Windows,11,
ltr
item
BEE ID: Cara Menggunakan Tema Gelap (Dark Theme) di Windows 10
Cara Menggunakan Tema Gelap (Dark Theme) di Windows 10
Cara Menggunakan Tema Gelap (Dark Theme) di Windows 10 oleh BEE ID
https://www.howtogeek.com/wp-content/uploads/2016/08/ximg_57a8f66b724d1.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+ws+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.AcekEgtaSd.png
BEE ID
https://bee-id.blogspot.com/2018/06/cara-menggunakan-tema-gelap-dark-theme.html
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/
https://bee-id.blogspot.com/2018/06/cara-menggunakan-tema-gelap-dark-theme.html
true
8629350516673971716
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy